Enjoy cooking
Browse through over
650,000 tasty recipes.
Home » » Kenikmatan Sate Asli Daerah Barat Daya Jawa Timur

Kenikmatan Sate Asli Daerah Barat Daya Jawa Timur

Makanan Khas Jawa,  Makanan Khas Jawa Timur,  Makanan Khas Jawa Barat,  Makanan Khas Jawa Tengah,  Makanan Khas Jawa Tradisional,  Makanan Khas Jawa Murah, Makanan Khas Jawa Bergizi, Makanan Khas Jawa,  Aneka Makanan Khas Jawa, Olahan Makanan Khas Jawa

Sate yang berasal dari daerah barat Jawa Timur lebih tepatnya Ponorogo kota yang  terkenal dengan kesenian Reognya. Kali ini yang dibahas bukan keseniannya melainkan makanan khas dari daerah ini yaitu Sate Ponorogo. Bahan utama dari sate ponorogo adalah daging ayam dan daging kambing tergantung dari penjualnya masing-masing. Jika menggunakan daging ayam, dagingnya diiris tipis-tipis seperti sayatan ikan yang difilet. Jika menggunakan teknik seperti ini daging akan lebih empuk dan lemak yang menempel lebih mudak untuk dihilangkan. Perbedaan dari sate pada umumnya adalah cara memotongnnya, jika sate pada umunya berbentuk kotak-kota sedangkan sate ponorogo berbentuk ramping-ramping.
Selanjutnya pada proses pemberian bumbunya sate ponorogo berbeda dengan sate pada umunya, dengan cara merendam sate bumbunya akan lebih merasuk kedalam daging  ayamnya. Bumbu perendam sate ponorogo terdiri dari bawang merah, bawang puih, kemiri yang sudah disangrai, lengkuas, ketumbar butiran dan jintan, gula merah, garam. Lalu direndam selama 30 menit setelah itu dicelupkan ke bumbu kacang yang sudah dihaluskan, bumbu kacang ini terdiri dari kacang taanah goreng, cabai merah keriting, kemiri, garam, gula merah, bumbu halus ditambah air sedikit lalu haluskan ke blender atau diuleg secara manual.  
Selanjutnya sate ponorogo dipanggang dengan menggunakan tungku bara api yang menggunakan arang, agar cita rasanya tetap terjaga. Sate dipanggang hingga matang dan mengental, sajikan sate disiram bumbu kacang dan ditaburi bawang merah goreng dengan ditemani nasi. Atau yang tidak suka nasi bisa diganti dengan  lontong.

Di kota Kediri sudah ada cabang yang membuka Sate Ponorogo, yaitu Pak Siboen yang terletak di dekat Alun-alun Kota Kediri. Harganya cukup terjangkau dikantong masyarakat, meskipun tempatnya yang terkesan mewah namun harganya tetap merakyat
SHARE

About M Rizal Fakhri A

0 komentar :

Posting Komentar