Enjoy cooking
Browse through over
650,000 tasty recipes.
Home » » Cita Rasa Racikan Daging Dengan Kuah Hitam Kental

Cita Rasa Racikan Daging Dengan Kuah Hitam Kental

Makanan Khas Jawa,  Makanan Khas Jawa Timur,  Makanan Khas Jawa Barat,  Makanan Khas Jawa Tengah,  Makanan Khas Jawa Tradisional,  Makanan Khas Jawa Murah, Makanan Khas Jawa Bergizi, Makanan Khas Jawa,  Aneka Makanan Khas Jawa, Wisata Makanan Khas Jawa

Sejarah rawon sendiri belum jelas banyak penjual yang tidak tahu bagaimana asal mula makanan ini karena banyak yang kurang informasi tentang sejarah ini tahun lalu. Namun, beberapa orang mencoba berasumsi  makanan ini adalah makanan raja-raja dahulu, bias jadi makanan ini berasal dari rakyat. Biasanya makanan rakyat lebih mudah popular karena menjadi bagian dari banyak kalangan. Adalah masakan Indonesia yang isinya daging sapi atau juga bisa daging kambing yang berkuah hitam pekat sebagai campuran bumbu yang khas menggunakan kluwek. Makanan rawon ini meskipun terkenal sebagai makanan khas di daerah Jawa Timur dikenal pula oleh kalangan masyarakat Jawa Tengah yang sebelah timur. Harganya pun sangat terjangkau di kantong masyarakat, daging yang dipakai makanan ini berupa daging sapi atau daging kambing yang dipotong kecil kecil. Bumbunya supnya sangat khas Indonesia yang terbuat dari campurang bawang merah, bawang putih, lengkuas atau laos, ketumbar, serai, kunir, cabai, kluwek, garam, dan minyak nabati. Semua bahan dicampurkan menjadi satu lalu dihaluskan menggunakan blender atau di ulek sampai halus lalu ditumiskan sampai harum.
Campuran bumbu ini kemudian dimasukkan dalam kaldu rebusan daging bersama sama dengan daging. Warna gelap khas makanan rawon ini berasal dari kluwek. Bahkan makanan khas rawon ini sampai diluar negeri. Di luar negeri rawon ini disebut sebagai black soup. Rawon ini sangat cocok untuk dimakan bareng bareng bersama keluarga, cuaca saat dingin apalagi disantap pada saat berada diatas gunung. Rawon disajikan dengan nasi, tauge kecil kecil, daun bawang, kerupuk udang, dan daging sapi atau daging kambing yang sudah digoreng (empal) itulah yang membuaat cita rasanya semakin enak. Di daerah jawa timur banyak juga dijumpai para penjual rawon, hamper disetiap warung atau tempat makanan yang menjual rawon. Terutama rawon pasuruan banyak yang terkenal. 

SHARE

About M Rizal Fakhri A

0 komentar :

Posting Komentar