Enjoy cooking
Browse through over
650,000 tasty recipes.
Home » » Peneman Bumbu Pecel dan Bumbu Tumpang

Peneman Bumbu Pecel dan Bumbu Tumpang

Makanan Khas Jawa,  Makanan Khas Jawa Timur,  Makanan Khas Jawa Barat,  Makanan Khas Jawa Tengah,  Makanan Khas Jawa Tradisional,  Makanan Khas Jawa Murah, Makanan Khas Jawa Bergizi, Makanan Khas Jawa,  Aneka Makanan Khas Jawa, Olahan Makanan Khas Jawa

Sego Pecel atau biasa dalam bahasa indonesia Nasi Pecel merupakan makanan khas dari jawa terdiri dari sayur yang direbus dan lauk yang dihidangkan dengan alas berbeda-beda di setiap daerah. Alas dari nasi pecel biasanya daun pisang. Kalau daerah saya isi nasi pecel terdiri dari rempeyek, daun singkong, daun pisang, kubis, kacang panjang. Bumbu pecel ini dibuat dari kacang tanah yang sudah di goreng dan rempah-rempah seperti gula merah, asam jawa, daun jeruk purut, cabai merah, cabai rawit, bawang putih, kencur, dan garam itu pun dituangkan. Adapun juga penjual menjajakan beraneka lauk tambahan di piring saji biasanya berupa telur mata sapi, telur dadar, telur puyuh, sate usus ayam, ayam goreng, hati rempela, sosis, dan sebagainya. Untuk tambahan menu dikenakan tambahan biaya tergantung dari harga penjual. Selain menggunakan bumbu nasi pecel penjual juga membuat bumbu tumpang sebagai peneman nasi. Bahan baku utama dari tumpang adalah tempe busuk tapi bisa dimakan loh ya hehe, tempe ini sudah di fermentasi dan akhirnya menjadi busuk dengan tambahan tempe segar, bawang merah, bawang putih, cabai merah, kencur, daun salam, garam dan gula. Orang kediri biasa menyebut tempe busuk dengan tempe bosok hehe itulah ciri khas dari logat orang kediri. Sambel tumpang ini bisa dihidangkan dengan nasi dan sayura-sayuran atau juga bisa dicampur dengan bumbu pecel.

Bagi kalian yang suka pecel tapi bosan dengan nasi di kediri ada “pecel punten” punten terbuat dari ketan yang diolah secara khusus dengan campuran santen kelapa dan bumbu kemudian dipadatkan. Sesudah padat, dibentuk seperti lontong kemudian dipotong-potong. Punten disajikan sebagai pengganti nasi, perbedaan nasi pecel dan pecel punten terletak pada kerupuknya kalau nasi pecel menggunakan rempeyek(kerupuk yg ada kacang tanahnya) sedangkan pecel punten menggunakan kerupuk kare. Kerupuk kari adalah kerupuk proses penggorengannya menggunakan pasir sebagai pengganti minyak goreng. Selebihnya menu pecel punten sama yang terdiri dari sayu-sayuran sebagai penemannya. 
SHARE

About M Rizal Fakhri A

0 komentar :

Posting Komentar